Pengamatan Cuaca Mikro


Agar maksud data analisis data meteorologi lebih bermanfaat, maka dilakukan pengorganisasian dan analisis data dari seluruh jaringan pengamat cuaca. Misalnya, analisis data berdasarkan time series (pengamatan jangka panjang), penafsiran terhadap suatu parameter yang sukar dilakukan dengan cara didekati dengan parameter yang mempunyai hubungan dan berdasarkan rumus antara parameter tersebut (Wisnusubroto, 2003).
Jumlah curah hujan tidak menunjukkan informasi yang dibutuhkan untuk mengukur pengikisan dari badai hujan. Kekuatan yang digunakan di permukaan tanah dengan setiap tetesan air hujan dapat diperlihatkan dengan kekuatan yang meliputi badai hujan. Untuk menghitung nilai ini, informasi yang harus tersedia adalah besar dan lamanya hujan badai, ukuran dan kecepatan pada tiap tetesan hujan dan penyaluran ukuran tiap tetes (Linder, 2005).
Pada analisa regresi terdapat analisa regresi logistik yang dapat diterpkan dalam berbagai skala data. Model regresi logistik menghasilkan nilai probabilitas yang dipakai sebagai dasar untuk klasifikasi. Pengklasifikasian merupakan salah satu analisis statistika yang diperlukan jika ada beberapa kelompok yang kemudian ingin diketahui apakah kelompok-kelompok tersebut memang berbeda secara statistika. Kelompok-kelompok ini terjadi karena ada pengaruh satu atau variabel lain yang merupakan variabel independen (Wibowo, 2006).
Informasi atas curah hujan yang terbaik didapat dari sebuah ukuran yang dipertahankan dalam lahan itu sendiri. Sebuah ketelitian catatan harus tetap dijaga dengan membedakan intensitas curah hujan dan hal apa saja yang lain yang relevan seperti kondisi tanah atau hasil. Saat pembacaan sudah dibuat hanya untuk waktu yang singkat dan hal itu adalah catatan dekat secara lama, itu dapat diterima untuk menemukan rasio curah hujan antara dua lokasi untuk catatan waktu singkat bersama-sama dan mempergunakan rasio ini untuk catatan jangka waktu lama. Catatan curah hujan harian lebih bermanfaat, tetapi jika ini tidak tersedia, atau waktu tidak dapat meluangkan untuk meganalisanya, maka curah hujan bulanan dapat digunakan. Ditinjau lagi, walaupun secara individu curah hujan memberikan informasi lebih, ini mungkin kebutuhan untuk menggunakan rata-rata curah hujan bulanan. Ini harus mengambil melalui waktu yang mungkin. Tiga puluh tahun merupakan sebuah pertimbangan untuk alasan kelayakan rata-rata atau stabil (Weisner, 2001).