Artikel Buah Naga



Bentuknya yang menyerupai sisik naga, menjadikan buah merah satu ini dijuluki buah naga. Oleh orang Cina kuno, buah naga dijadikan persembahan di altar dan diletakkan diantara dua ekor patung naga. Itulah mengapa, buah ini disebut buah naga. Buah naga termasuk dalam famili kaktus yang berasal dari Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Latin.


Di negeri asalnya, buah naga bernama Pitahaya atau Pitaya Roja. Oleh penduduk setempat, buah naga dijadikan hidangan segar. Sekitar tahun 1870, buah naga dibawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Namun dalam perkembangannya, buah naga dikonsumsi dan bahkan dijadikan obat. Buah naga juga mempunyai khasiat, kandungan vitamin dan mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap.

Buah naga mempunyai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Salah satu diantaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah. Hal ini terbukti pada penderita diabetes militus tipe dua, dengan pengobatan sederhana hanya mengonsumsi buah naga setiap hari maka dapat mengurangi kadar gula darah yang ada pada tubuhnya.

Kandungan vitamin pada buah naga diantaranya adalah kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga membuat manfaat buah naga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu menyembuhkan luka/memar. Kandungan vitamin B2 dan B1 dalam buah naga sangat baik untuk  menambah nafsu makan. Selain itu manfaat buah naga juga dapat mengurangi kadar kolesterol karena buah ini mengandung vitamin B3. Buah naga juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi hingga menyembuhkan penyakit batuk dan asma.
Buah naga juga mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap mencapai 0,7-0,9 gram dalam setiap gramnya, yang berguna dalam sistem pencernaan dan penurunan kadar kolesterol. Sehingga manfaat buah naga ini sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Secara umum, pakar sependapat dan mengakui buah naga kaya akan protein, serat, kalsiun dan ferum yang baik bagi kesehatan.
Ternyata dibalik bentuk buah naga yang menyerupai sisik naga, buah naga mempunyai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, selain itu buah naga kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan bagi penderita diabetes militus tipe 2 untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Oleh karena itu jika ingin terhindar dari berbagai penyakit, tak ada salahnya bila mengosumsi buah naga mulai sekarang.